Pages

Share

Sekilas tentang Jawa Timur

Jumat, 16 September 2016

Sumber : thearoengbinangproject.com

Provinsi Jawa Timur adalah sebuah provinsi yang terletak di ujung timur Pulau Jawa. Jawa Timur juga merupakan salah satu dari 8 provinsi yang dibentuk saat kemerdekaan Indonesia tahun 1945. 7 provinsi lainnya yaitu Sumatera, Jawa Barat, Jawa Tengah, Kalimantan, Sunda Kecil (Nusa Tenggara), Sulawesi, dan Maluku. Ibu Kota Provinsi Jawa Timur adalah Surabaya.

Jawa Timur terletak antara 111,0' BT hingga 114,4' BT dan 7,12' LS hingga 8,48' LS yang mempunyai luas wilayah 47.157,72 km2. Saat ini Jawa Timur memiliki 9 kota, 29 Kabupaten, 637 kecamatan, dan 8414 kelurahan. Batas wilayah Jawa Timur bagian utara adalah laut Jawa, bagian timur adalah Selat Bali, bagian selatan adalah Samudera Hindia, dan bagian barat adalah Jawa Tengah.

Provinsi yang beribukota Surabaya ini memiliki segudang wisata mulai dari taman nasional, Gunung, pantai, air terjun, dan satu-satunya tempat tinggal bagi hewan langka harimau Jawa.

Berbagai kesenian tradisional Jawa Timur beraneka ragam, salah satu yang terkenal yaitu reog Ponorogo dan ludruk. Kesenian khas suku dari berbagai daerah di Jawa Timur juga sangat kaya. Tidak ketinggalan makanan khas yang sangat nikmat yaitu soto Lamongan, pecel Blitar, keripik tempe Malang, dan masih banyak lagi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

 

Blogger news

Blogroll

Most Reading