Pages

Share

Goa Gong

Selasa, 11 Oktober 2016

Goa Gong, Pacitan, Jawa Timur
Sumber : ketahui.com

Goa Gong terkandung di dalam perut bumi gunung Gong-gongan yang terletak di wilayah Dusun Pule, Desa Bromo, Kecamatan Punung, Kabupaten Pacitan. Dari pusat Kota Pacitan jaraknya kira-kira 37 km ke arah barat. Jalan menuju Goa Gong relatif mulus dan mudah ditempuh baik dari arah Yogyakarta (Wonosari) maupun dari arah Solo. Jalanan cukup lebar dan nyaman dilewati. Setelah memasuki perkampungan beberapa km menjelang lokasi jalanan memang menyempit sehingga kendaraan harus pelan, apalagi bila harus bersimpangan.

Berdasarkan kisah masyarakat lokal, goa ini dinamai sebagai Goa Gong adalah karena masyarakat kerap mendengar adanya suara gema tabuhan seperti suara gong yang berasal dari dalam goa. Gong adalah salah satu alat tabuh dalam kesenian gamelan Jawa. Suara seperti gong dari dalam goa ini adalah hasil dari pantulan tetesan air alam goa yang menimpa batuan stalaktit atau stalagmit goa tersebut. Bunyi yang dihasilkannya terdengar harmonis dan indah, bahkan jika Anda berada di pintu masuk goa tersebut.

Keistimewaan Goa Gong adalah bangun ruangannya yang mengkubah raksasa sepanjang sekitar 100 m, lebar 15-40 m, dan tinggi antara 20-30 m. Mulut goa berupa lorong pendek penuh dengan stalaktit dan stalakmit menghubungkan dengan ruangan goa berkubah tersebut.

Dari sisi bawah, banyak terdapat stalakmit yang permukaannya berlapis flowstone, sehingga terlihat ornamen yang seperti bertumpuk-tumpuk. Ornamen-ornamen ini sebagian terlihat menyerupai sesuatu, dan  setiap kumpulan ornamen ini diberi nama lokal yang menarik seperti Selo (batu) Jengger Bumi, Selo Paku Buwono, Selo Bantaran Angin, Selo Gerbang, Selo Citro Cipto Agung, Selo Adi Citro Buwono dsb.

Goa Gong pertama kali dieksplorasi tahun 1995 oleh pak Wakino, yang merupakan penduduk asli setempat. Di tahun 1996 direnovasi oleh Pemda Pacitan dengan dibangunnya prasarana seperti undak-undakan (tangga), pagar pengaman, penerangan listrik dan kipas-kipas penyejuk ruangan agar pengunjung nyaman dan dimudahkan menjelajah di dalam perut goa.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

 

Blogger news

Blogroll

Most Reading