Pages

Share

Goa Tabuhan

Selasa, 11 Oktober 2016

Goa Tabuhan, Pacitan, Jawa Timur
Sumber : backpackology.me

Goa Tabuhan berlokasi di bukit kapur Tapan yang termasuk wilayah Dukuh Tabuhan, Desa Wareng, Kecamatan Punung. Jaraknya sekitar 25 kilometer arah barat kota Pacitan.

Konon menurut kepercyaan warga sekitar, gua ini dulunya adalah tempat persembunyian Pangeran Diponegoro saat di kejar-kejar oleh pasukan Belanda. Meraka pikir Pangeran Diponegoro telah jauh melewati Jawa Timur, ternyata tak ada seorang pun yang tahu bahwa sang Pangeran bersembunyi di gua ini, bahkan sempat melakukan ritual pertapaan. Seiring waktu, akhirnya gua ini di temukan oleh Kyai Santiko yang tak sengaja memasuki gua saat sedang mencari hewan ternaknya yang hilang. Barulah kemudian gua ini di kembangkan oleh Pemkab Jawa Timur untuk di jadikan obyek wisata alam.

Di dalam Goa Tabuhan suasananya gelap serta lembab. Pengunjung perlu berhati-hati karena jalannya licin dan bergelombang. Penerangan di dalam gua cukup memadai, selain itu terdapat tiang yang dapat di gunakan untuk berbegangan saat menyusuri gua. Di bagian kanan dekat mulut gua, kamu akan melihat bekas penggalian arkeologi yang telah dipagari. Namun sayangnya hasil-hasil penggalian tersebut tidak pernah dipamerkan di Gua Tabuhan.

Terus masuk ke dalam kamu akan mendengar lagu-lagu jawa yang dimanikan oleh seniman setempat, tanpa menggunakan alat musik, dan hanya menggunakan Stalaktit dan Stalagmit yang menggantung rendah di atas mereka. Hal inilah yang menjadikan Gua Tabuhan sebagai gua ajaib di Indonesia. Selain itu di dalam gua juga terdapat sebuah tempat dimana konon Pangeran Diponegoro pernah bertapa. Tempatnya sangat kecil, dan untuk menjangkaunya, kamu harus meliukan tubuh agar bisa masuk. Untuk sampai ke bagian ujung gua, paling lama akan memerlukan waktu 15 menit saja.

goa ini juga memiliki misteri karena ada beberapa sendang di dalam goa yang memiliki nilai magis. Ruang pertama ada sendang bidadari. Kemudian ada ruang Kristal marmer. Kemudian adalah ruang yang pernah digunakan konser musik bersama.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

 

Blogger news

Blogroll

Most Reading